Keranjang Belanja 0
  Telpon CS
Customer Support 081299888088
Login ×
Solusi Bisnis Anda
Kategori Produk
Menu Lain
Printer Dot Matrix Jagonya Cetak Dokumen Rangkap

Printer Dot Matrix Jagonya Cetak Dokumen Rangkap

Source: Shutterstock

Pesatnya teknologi di bidang alat percetakan membuat printer dot matrix kian sepi peminat. Selain proses cetak yang lebih lambat dari printer thermal, printer dot matrix juga mengeluarkan suara berisik yang cukup mengganggu. Sempat populer di tahun 2016, printer dot matrix mempunyai ukuran panjang dan lebar beragam. Umumnya ia menggunakan mekanisme dua roda dari bahan karet serta material metal dan plastik di bagian kanan dan kirinya.

Printer dot matrix kerap ditujukan untuk  kepentingan perkantoran atau instansi tertentu yang memerlukan printer untuk mencetak dokumen saja. Salah satu kelebihan yang tak dapat di temukan pada printer jenis lain ialah kemampuan printer dot matrix dalam mencetak beberapa dokumen sekaligus dengan menyelipkan sebuah kertas karbon pada tiap lembaran dokumennya. Sekali ketuk, maka otomatis Anda mendapatkan hasil sekaligus pada lembaran lainnya. Alhasil proses mencetak dokumen rangkap menjadi sangat cepat.

Sayangnya, printer dot matrix pada umumnya memiliki satu warna saja. Tak ayal printer jenis ini kurang cocok jika digunakan untuk mencetak foto. Hal ini di sebabkan printer dot matrix akan mengetuk pita tinta dengan head printer langsung, sehingga untuk resolusi yang di dapat masih di bawah printer ink-inject. Apabila terpaksa digunakan untuk mencetak foto, maka Anda akan melihat hasil berupa dot-dot yang saling menyambung.

Tapi ada juga printer dot matrix yang memiliki warna walaupun terbatas pada penggunaan empat pita karbon, yakni warna dasar merah, kuning, biru, dan hitam. Meski begitu, printer dot matrix kurang direkomendasikan untuk mencetak gambar karena resolusinya sangat rendah. Gambar yang tercetak nantinya akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Cara Kerja Printer Dot Matrix

Printer dot matrix biasanya menggunakan head printer yang berupa deret jarum sebanyak 7, 9, maupun 24 buah yang tersusun vertikal dan membentuk suatu kolom. Jika dirunut berdasarkan sejarahnya, printer dot metrix pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik. Baru kemudian teknlogi semakin berkembang dan printer dot matrix menggunakan 24 pin untuk hasil cetakan yang lebih halus.

Ketika printer ini mulai di gunakan, jarum yang ada akan membentuk sebuah character images hasil gesekan jarum pada karbon dan kertas yang ada, sehingga dapat di kategorikan sebagai character printer dengan kecepatan yang bervariasi dari setiap brand yang mengusungnya. Saat printer head bergerak kekanan dan kekiri huruf yang terpola pada bagian jarum tersebut akan langsung muncul dan pencetakan segera di mulai.

Nah, character tersebut nantinya akan menghasilkan pola unik yang tersusun dari berbagai titik yang ada pada sebuah matrix. Kecepatan kinerja printer dot matrix diukur dengan jumlah karakter yang bisa dicetak per detik dengan satuan cps (character per second). Beberapa printer jenis ini berkecepatan 500 cps.

Beberapa produsen printer dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain. Ada alasan mengapa printer dot matrix masih diproduksi meski teknologi printer sudah sangat berkembang. Sebab, printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan. Fungsi inilah yang tidak ada di printer jenis lain, jadi perusahaan maupun instansi akan sangat tergantung dengan printer dot matrix untuk kepentingan merangkap dokumen. Selain itu, ia juga bisa mencetak dalam ukuran kertas besar.

Meski begitu, printer dot matrix menyimpan beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Misalnya, soal biaya pemeliharaan yang tinggi jika terjadi kerusakan pin. Memang sih harga kertas yang murah menjadi salah satu faktor mengapa printer dot matrik masih banyak digunakan. Tapi jangan lupa kalau kualitas kertas yang murah biasanya memiliki karakteristik berserat tinggi, hal ini bisa berakibat merusak pin head printer. Jika salah satu pin pada head printer rusak, maka anda harus mengganti satu modul keseluruhan dan harganya mahal. Aduh, repot juga kalau sudah begitu.

Bagi Anda yang kurang menyukai desain printer dot matrix yang memakan ruang cukup besar, Kasanoa punya rekomendasi printer compact nih. Mengusung teknologi serial impact dot matrix, produk keluaran Epson ini dijamin membuat tampilan meja kasir Anda kian manis.

Jual Printer Serial Impact Dot Matrix POS Epson TM-U220A

Rp3,115,000.00

Jual printer  TM-U220A , Speed: 4.7lps (40 columns, 16 cpi), 9 pin Serial Impact Dot matrix printing.

Kelengkapan:

  • Power adaptor
  • USB
  • BOX
  • Garansi 1 Tahun

Printer dengan kompatibilitas luar biasa ini dirancang untuk mampu memenuhi kebutuhan sistem POS (Point Of Sales). Printer TM-U220A memiliki kecepatan cetak yang cukup tinggi. Untuk menjalankan dan perawatan printer ini pun cukup mudah dan fleksibel karena desainnya yang compact tidak memerlukan ruangan besar.

Berikut spesifikasi Printer TM-U220A Dot Matrix

Bagaimana, apa Anda tertarik membeli printer serial impact dot matrix? Jangan ragu menghubungi customer service kami bila ada pertanyaan lebih lanjut.

Apakah Anda tidak cocok dengan paket bisnis Kami?

Anda tetap bisa setup keperluan Restaurant sesuai kebutuhan dan budget yang ada.

Paket Custom Kasanoa

Sales kami akan mengatur paket sesuai dengan kebutuhan & budget Anda.

Tawar via whatsapp whatsapp