#12 Software Minimarket Terbaik di Indonesia Paling Lengkap 2023! – kasanoa
  • 30 June 2023
    12 min read
    by Kasanoa writer

#12 Software Minimarket Terbaik di Indonesia Paling Lengkap 2023!

software minimarket terbaik

Peluang dan Tantangan Bisnis Minimarket saat Ini

Software Minimarket Terbaik - Bisnis retail minimarket merupakan salah satu jenis bisnis menjanjikan dari waktu ke waktu. Dalam bisnis ini, berbagai barang kebutuhan sehari-hari dijual dengan toko yang didesain modern dan nyaman. Konsumen dapat memilih barang secara mandiri dan membayarkannya di kasir. Minimarket merupakan bisnis menjanjikan dan selalu dicari karena menjual kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan orang sehari-hari. Tidak mengherankan jika bisnis minimarket menjadi potensial dan berkelanjutan jika dikelola dengan baik. Bukan hanya berkembang pesat di area perkotaan, tetapi kini juga banyak minimarket yang ramai pelanggan di pedesaan.

software minimarket terbaik

Sumber : hashmicro.com

Namun, di balik peluang bisnis minimarket yang menjanjikan, terdapat beberapa kekurangan yang menjadi perhatian para pelaku bisnis minimarket. Beberapa masalah yang sering muncul adalah adanya barang kadaluarsa, barang rusak, barang yang tidak laku, pembayaran dengan uang palsu, kecurangan karyawan, dan sebagainya. Masalah-masalah ini dapat memengaruhi kelancaran bisnis minimarket yang sedang berjalan. Selain itu, banyaknya jumlah transaksi dan pergerakan konsumen serta barang yang relatif cepat juga menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis minimarket untuk menjalankan usahanya secara efektif dan efisien.

Mengatasi Tantangan dengan Aplikasi Kasir Minimarket Terbaik

Dalam era digital dan modern saat ini, tantangan dan upaya untuk meminimalisir risiko-risiko tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi kasir untuk usaha minimarket. Aplikasi ini dapat membuat kegiatan bisnis minimarket berjalan lebih efektif dan efisien. Beragam jenis aplikasi kasir minimarket menawarkan fitur-fitur lengkap yang terintegrasi satu sama lain, mulai dari perekaman transaksi, pengelolaan stok barang, penjualan, hingga analisis perilaku konsumen. Aplikasi ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja, serta memberikan informasi guna untuk pengambilan keputusan bisnis di masa depan. Berikut adalah beberapa referensi software minimarket terbaik yang dapat membantu meningkatkan keuntungan usaha Anda.

1. Aplikasi Moka Pos

Moka pos adalah software kasir minimarket terbaik berbasis cloud yang paling banyak digunakan untuk usaha retail. Aplikasi Moka Pos telah digunakan lebih dari 45.000 usaha di seluruh Indonesia. Aplikasi Moka Pos menyediakan banyak fitur untuk membantu kegiatan operasional minimarket seperti manajemen persediaan lengkap untuk penyesuaian dan pencatatan stok yang dimiliki perusahaan. Sehingga pencatatan persediaan menjadi lebih rapi terutama berkaitan dengan keluar masuknya stok barang di dalam usaha. Program minimarket terbaik lainnya adalah pemindaian barcode oleh Aplikasi Moka Pos memudahkan perekapan produk yang dibeli oleh pelanggan, sehingga pelayanan ke konsumen menjadi lebih cepat. Barcode scanner yang terpasang juga terhubung ke manajemen persediaan untuk mempermudah rekapan stok.

aplikasi mokapos

Sumber : mokapos.com

Fitur terbaik dari aplikasi Moka Pos berhubungan dengan perekapan pergerakan uang guna melacak kegiatan keuangan baik dari pembayaran/pemasukan maupun pengeluaran biaya yang terhubung ke cash drawer, sehingga keamanan penyimpanan uang menjadi lebih terjamin. Aplikasi Moka Pos juga menghubungkan pembayaran non tunai dari konsumen seperti debit atau kartu kredit , pengelolaan karyawan dapat terpantau di aplikasi, data feedback pelanggan dan laporan kegiatan usaha dapat dilihat dengan periode yang diatur. Untuk pengguna baru, aplikasi ini menawarkan masa percobaan selama 14 hari untuk mencoba fitur-fitur di Aplikasi Moka Pos sebelum anda memutuskan berlangganan.

2. Aplikasi Pawoon

Salah satu aplikasi kasir berbentuk cloud/online yang banyak digunakan adalah Aplikasi Pawoon. Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan beberapa usaha retail dan f&b dengan skala besar di Indonesia, seperti Geprek Bensu, Teguk, Master Cheese Pizza, dan lain sebagainya. Pawoon menawarkan fitur unggulan berupa aplikasi kasir dengan alur cepat, terbebas dari antrian pembuatan transaksi. Hal ini cocok bagi pelaku usaha minimarket yang memiliki intensitas transaksi yang tinggi. Selain itu, Pawoon juga dapat terhubung dengan pembayaran tunai dan non tunai serta menyediakan penawaran pulsa untuk kegiatan upsell saat konsumen melakukan transaksi.
Pawoon juga memiliki fitur laporan dan analisis data yang lengkap mengenai performa usaha. Aplikasi ini membantu mengoptimalkan manajemen operasional dengan menyediakan informasi toko dalam struk pembelian, pengaturan pajak dan diskon, serta pengaturan target penjualan. Pengelolaan karyawan juga lebih mudah dengan hak akses karyawan dan fitur absensi menggunakan pengenal wajah. Selain itu, Pawoon juga menawarkan fitur data pelanggan untuk menganalisis layanan favorit pelanggan, demografi pelanggan, dan pengaturan promo serta diskon khusus untuk loyalitas pelanggan.
Pawoon memiliki integrasi dengan pembayaran QRIS melalui e-wallet seperti Gopay, Shopeepay, OVO, Dana, dan LinkAja. Aplikasi ini juga terhubung dengan aplikasi jurnal by Mekari dan Accurate untuk fitur laporan keuangan serta aplikasi forstok untuk memantau arus stok dan transaksi. Pawoon dapat dicoba secara gratis selama 14 hari untuk menguji semua fitur yang ditawarkan.

3. Aplikasi Olsera

Aplikasi Olsera adalah salah satu software minimarket terbaik yang membantu kegiatan usaha minimarket dengan kemudahan akses dari mana saja. Aplikasi ini berbasis cloud dan mendukung penjualan baik secara offline maupun online. Olsera menawarkan desain dan alur yang simpel sambil menyajikan laporan data lengkap. Aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai jenis bisnis, baik skala kecil maupun besar, seperti Hoka-hoka bento, Ms glow, Wardah Brunch, fipper, dan lain sebagainya.
Fitur unggulan Olsera mencakup integrasi laporan keuangan dan manajemen stok yang lengkap dan real-time, manajemen karyawan dan produk yang terorganisir dengan baik, pengaturan harga grosir atau eceran, fitur CRM komprehensif dengan supplier, serta fitur promosi dan pembayaran terintegrasi dengan QRIS, baik melalui mbanking maupun e-wallet. Olsera menyediakan masa trial selama 14 hari dan kesempatan untuk melakukan demo aplikasi secara gratis kepada calon pengguna.

4. Aplikasi Kudo

Aplikasi Kudo menawarkan kemudahan berbisnis secara online. Aplikasi Kudo dapat menjadi alat untuk mempercepat bisnis minimarket agar dapat dijangkau oleh pelanggan secara lebih luas melalui platform online. Pada Aplikasi Kudo, tersedia juga fitur pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, Asuransi, dan tagihan lain yang dapat menambah pendapatan bagi bisnis minimarket. Fitur unggulan Aplikasi Kudo adalah penjualan produk secara online, termasuk produk grosir, barang elektronik, fashion, dan perlengkapan rumah tangga. Alur penjualan yang digunakan adalah pelanggan membeli barang dari agen Kudo, pembeli membayar kepada agen Kudo, dan agen Kudo menghubungi penjual untuk pengiriman barang dan pembayaran. Agen Kudo dipilih secara ketat untuk memastikan keamanan transaksi di Aplikasi Kudo. Selain itu, Kudo juga menyediakan asisten pribadi yang membantu penjual dalam memasarkan barang di platform Kudo, sehingga penjual dapat memahami dan memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal.

5. Fastwork POS

Fastwork POS merupakan platform penyedia jasa pembuatan website dan aplikasi digital untuk berbagai platform dan jenis usaha. Bagi usaha yang ingin memiliki aplikasi dengan fitur dan aplikasi yang dapat disesuaikan, Fastwork adalah solusinya. Fastwork menawarkan aplikasi POS terbaik berbasis website atau program kasir toko PC dengan fitur yang dapat disesuaikan khusus untuk bisnis minimarket, termasuk fitur produk, gudang, pembelian, penjualan, arus kas, akuntansi, dan kasir lengkap. Permintaan kustomisasi aplikasi POS ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Fastwork juga menyediakan demo aplikasi yang akan diberikan kepada pengguna. Harga pembuatan aplikasi kustomisasi ini terjangkau, dan customer service Fastwork dapat diakses melalui messenger Fastwork dengan respon yang cepat.

6. RetailPro Pos

Aplikasi RetailPro Pos adalah aplikasi minimarket terbaik dan populer yang telah berkembang selama 20 tahun di seluruh dunia. RetailPro Pos membantu usaha retail dalam mengembangkan usahanya secara mendalam dengan sistem yang saling terintegrasi, memudahkan pengelolaan usaha retail. RetailPro Pos telah digunakan di 130 negara dengan 9000 pengguna dan 159.000 aplikasi POS terpasang. program mini market terbaik dari RetailPro Pos dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis retail yang dijalankan, seperti alur kerja, tampilan UI, dan alur pembayaran.

retail pro pos

Sumber : retailpro.com

Program minimarket terbaik dari RetailPro Pos lainnya adalah manajemen persediaan yang memberikan akses ke sistem POS untuk merekap penjualan, pemasukan, pengeluaran stok, dan retur stok. Laporan manajemen persediaan juga dapat diakses secara real-time kapan saja dan di mana saja. Fitur lain yang mendukung software ini adalah manajemen konsumen yang memungkinkan pengumpulan data berdasarkan kunjungan konsumen, total transaksi, dan loyalitas. Terdapat juga fitur manajemen karyawan yang meliputi performa, produktivitas karyawan, serta penghargaan kepada karyawan. Fitur lainnya dalam RetailPro adalah manajemen pembelian yang mencatat level minimum dan maksimum stok yang harus disimpan, serta transaksi dengan konsumen. RetailPro Pos menawarkan harga yang cukup tinggi dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Bagi pengguna baru, RetailPro Pos menetapkan harga sekitar Rp 1.785.000 per bulan dan Rp 1.485.000 per fitur tambahan. Masa langganan minimum yang harus dibeli adalah 2 tahun, dan biaya di atas belum termasuk instalasi, pelatihan aplikasi, dan layanan lain yang mungkin diperlukan.

7. Aplikasi Accurate Pos

Aplikasi Accurate Pos merupakan aplikasi POS terbaik yang membantu dalam manajemen minimarket dari awal hingga akhir dalam satu aplikasi. Accurate Pos menawarkan fitur yang lengkap, termasuk pembuatan dan laporan transaksi, manajemen persediaan, informasi dan loyalitas pelanggan, manajemen karyawan dan tingkatan akses, serta laporan yang terhubung secara online dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Harga Aplikasi Accurate Pos sangat terjangkau dengan berbagai fitur lengkap yang ditawarkan. Bagi pemilik usaha minimarket baru, dapat mencoba aplikasi ini dengan masa uji coba selama 30 hari dan biaya berlangganan sebesar Rp. 277.500 per bulan. Accurate Pos juga mendukung metode pembayaran tunai dan non-tunai, sehingga dapat memaksimalkan pengelolaan bisnis minimarket Anda.

8. iPOS

iPOS merupakan salah satu software minimarket terbaik yang menyediakan kemudahan dalam mengelola usaha. Software ini dapat diakses melalui perangkat mobile seperti ponsel atau tablet, serta melalui PC/Laptop. iPOS mendukung usaha perdagangan, baik retail maupun grosir, hingga level distributor dan agen. Fitur iPOS yang cocok digunakan untuk minimarket antara lain manajemen persediaan, pembelian, penjualan, laporan keuangan lengkap dan akuntansi, fitur deposit konsumen, dan masih banyak lagi. Fitur unggulan dari iPOS adalah kemampuannya dalam membantu pengembangan bisnis dan pertumbuhan outlet melalui laporan kegiatan usaha yang disajikan. Aplikasi ini dapat memantau ratusan outlet dengan data yang mudah diinterpretasikan. Harga standar aplikasi ini berkisar antara Rp 550.000 hingga Rp. 3.350.000 tergantung pada kelengkapan fitur yang diakses oleh pengguna.

9. Aplikasi Kasir Jurnal Touch

Aplikasi kasir Jurnal Touch merupakan bagian dari Aplikasi akuntansi Jurnal dari Mekari yang memungkinkan transformasi dari mesin kasir konvensional ke aplikasi kasir digital. Aplikasi Kasir Jurnal Touch membantu dalam pencatatan transaksi penjualan secara lengkap. Fitur Aplikasi Kasir Jurnal Touch mencakup daftar produk secara detail mulai dari identitas produk hingga manajemen stok, laporan akuntansi dan penjurnalan yang rapi dan lengkap, serta dapat diakses secara real-time kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini juga menyediakan kustomisasi struk sesuai dengan kebutuhan usaha. Aplikasi Kasir Jurnal Touch dapat diakses secara offline dan data akan tersinkronisasi saat terhubung kembali ke jaringan internet. Aplikasi Kasir Jurnal Touch juga menyediakan layanan konsumen yang mudah diakses dan memberikan respon cepat dalam menangani masalah dan kendala penggunaan aplikasi.

10. Aplikasi Kasir Pintar

Aplikasi Kasir Pintar merupakan salah satu software minimarket terbaik yang sering digunakan. Selain memiliki integrasi yang baik dalam seluruh aspek bisnis yang dijalankan, Aplikasi Kasir Pintar juga menawarkan keunggulan sebagai Aplikasi POS dengan proses penjualan yang cepat dan akurat. Selain itu, Aplikasi Kasir Pintar juga menyediakan manajemen inventori yang dapat dipantau kapan saja dan di mana saja. Data juga dapat diekspor dalam bentuk Excel, dan aplikasi ini menyediakan pilihan metode inventori seperti FIFO, LIFO, Average, dan Default Stok. Terdapat keunggulan lain yang ditawarkan, yaitu terintegrasinya Aplikasi Kasir Pintar dengan pembayaran non-tunai dan QRIS, yang memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi dengan prinsip cashless. Aplikasi ini juga menyediakan laporan usaha yang lengkap dan mudah diakses, sehingga membantu pelaku usaha minimarket dalam mengambil keputusan bisnis. Selain itu, Aplikasi Kasir Pintar dilengkapi dengan fitur pembayaran tagihan listrik, air, telepon, dan tagihan lainnya, yang memberikan tambahan pendapatan bagi bisnis minimarket dalam satu aplikasi yang mudah diakses dan digunakan. Layanan pelanggan Aplikasi Kasir Pintar juga dapat diakses melalui layanan obrolan WhatsApp selama 24 jam. Pengguna baru juga memiliki kesempatan mencoba Aplikasi Kasir Pintar secara gratis selama 30 hari sebelum memutuskan untuk berlangganan atau tidak.

11. Aplikasi Qasir

Aplikasi Qasir menawarkan software kasir dengan fitur yang mumpuni dengan harga terjangkau. Aplikasi Qasir memudahkan pengelolaan usaha retail dari segi produk maupun penjualan dengan fitur yang dimilikinya, seperti sistem pengelolaan produk, pengaturan stok, rekapan, dan pencatatan transaksi. Aplikasi Qasir juga menyediakan sistem pembayaran tunai dan non-tunai, baik melalui kartu debit ataupun QRIS, yang terintegrasi dengan e-wallet atau mbanking. Aplikasi Qasir juga menyajikan laporan data hasil usaha, seperti total keuntungan, penjualan, dan lain-lain, yang ditampilkan secara lengkap. Tidak hanya itu, laporan yang disajikan juga dapat diatur berdasarkan periode yang diinginkan, sehingga pengguna dapat melihat laporan usahanya secara real-time kapanpun dan di manapun. Harga berlangganan aplikasi Qasir sangat terjangkau, dimulai dari Rp 72.150 per bulan, sehingga para pelaku bisnis sudah dapat menggunakan Aplikasi Qasir.

12. Aplikasi Sepulsa

Aplikasi Sepulsa menyediakan layanan software untuk mengisi pulsa, paket data, token listrik, dan tagihan lainnya, seperti BPJS kesehatan, PDAM, tagihan telepon, dan lain sebagainya. Walaupun dasar dari aplikasi ini bukanlah aplikasi kasir POS, namun aplikasi ini dapat digunakan pada minimarket untuk menambah pendapatan dengan cara yang praktis dan cepat.

aplikasi sepulsa

Sumber : kredivo.com

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Sepulsa antara lain kemudahan pembayaran dengan metode pembayaran yang lengkap, mulai dari transfer bank, e-wallet, mbanking, hingga paylater dan kredivo. Aplikasi Sepulsa juga menyediakan akses layanan dukungan pelanggan 24 jam, dan transaksi yang dilakukan terjamin aman karena dilengkapi dengan teknologi SSL & 3D Secure. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, sehingga cocok untuk menambah pendapatan bagi usaha minimarket dengan menawarkan pembelian pulsa dan pembayaran tagihan kepada konsumen di kasir.

Kesimpulan

Bisnis minimarket dapat berjalan lebih efisien dan maksimal jika semua aspek bisnis dapat termonitor dengan baik. Software minimarket terbaik berbasis POS dapat membantu memonitor kegiatan bisnis minimarket secara lebih ringkas dan mendetail, yang terintegrasi dalam setiap aspek bisnis dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Referensi mengenai software minimarket terbaik dapat menjadi panduan bagi para pelaku usaha dalam menentukan software minimarket yang tepat untuk bisnis mereka. Tetap pertimbangkan kebutuhan, anggaran, serta kenyamanan dalam menggunakan aplikasi POS untuk memilih software yang paling cocok bagi minimarket Anda, berdasarkan fitur yang ditawarkan, sehingga penggunaan software minimarket dapat digunakan dengan tepat guna dan membantu bisnis minimarket secara maksimal.

Artikel lainnya

  • Barcode Scanner HP ke PC : Tutorial Lengkap!
  • Cara Membuat Barcode dan Jenis Barcode Terkait (Update 2024)
  • Panduan Mudah Cara Setting Barcode Scanner Symbol
  • 10+ Rekomendasi Mesin Scanner Barcode Terbaik Di Pasaran

Butuh Bantuan?

Panduan Belanja

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur. Commodo senectus enim cras eros.

Channel Pembelian Lain

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur. Commodo senectus enim cras eros.

Panduan Teknis Kasanoa Blue Squad

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur. Commodo senectus enim cras eros.

Login

Forgot your password?

Don't have an account yet?
Create account