Cara Reset Mesin Kasir Casio SE S10 Terbaru 2023! – kasanoa

DAPATKAN GARTIS ONGKIR UNTUK PEMBELIAN PRODUK TERTENTU!!

Cara Reset Mesin Kasir Casio SE S10 Terbaru 2023!

Cara Reset Mesin Kasir Casio SE S10 Terbaru 2023!

, by Kasanoa writer, 6 min reading time

Mesin Kasir adalah alat penting dalam membantu transaksi. Salah satu mesin kasir yang banyak dipilih adalah mesin kasir Casio SE S10 untuk membantu dalam perekapan transaksi bisnis dan penjualan usaha menjadi lebih praktis. Berikut adalah spesifikasi mesin kasir Casio SE S10 dalam membantu bisnis anda.

Spesifikasi Mesin Kasir Casio SE S10

Mesin kasir Casio SE S10 memiliki desain yang simpel dan modern serta mudah untuk dioperasikan. Cash register casio SE S10 juga cocok untuk usaha dengan tempat terbatas, seperti usaha stand makanan, karena memiliki ukuran yang minimalis. Cash register casio SE S10 memiliki spesifikasi yang mirip dengan cash register casio 140CR, namun dengan fitur yang lebih diperbarui dengan jumlah departemen yang lebih banyak. Kapasitas mesin kasir Casio SE S10 dapat menyimpan kode barang hingga 500 jenis inventaris dalam satu usaha. mesin kasir ini telah memiliki printer thermal bawaan ukuran 58 mm dengan proses lebih cepat dan dapat terhubung ke cash drawer. Sehingga membuat mesin kasir Casio SE S10 praktis untuk digunakan.

Casio SE S10

Sumber : endageism.com

Dimensi mesin kasir Casio SE S10 adalah 330 x 360 x 188 dengan berat sekitar 4 kg saja. Mesin ini, sudah memiliki layar yang megarah ke konsumen. Selain itu, dapat ditambahkan juga untuk penginputan PPn, PPD, dan biaya tambahan yang dibebankan ke konsumen. Cash register casio SE S10 dilengkapi 7 posisi kunci dengan fungsi masing-masing seperti mode Register, Mode X, mode Z, mode PGM dan mode mesin kasir lainnya. Secara kemampuan cash register casio SE S10 mampu melakukan penulisan item barang dengan karakter huruf dan angka. Sehingga, mesin kasir casio SE S10 jauh lebih baik dibanding mesin kasir casio 140CR yang hanya mampu menuliskan angka saja.

Keunggulan Mesin Kasir Casio SE S10

Mesin kasir casio SE S10 menjadi pilihan para pengusaha sebagai alat pembantu dalam merekap transaksi di meja kasir. Berikut merupakan keunggulan dari cash register casio SE S10.

1. Mempunyai Daya Watt Yang Rendah

Mesin kasir casio SE S10 mempunyai daya hanya 35 watt, sehingga sangat hemat energi listrik

2. Tidak Menggunakan Tinta Untuk Mencetak

Mesin kasir casio SE S10 sudah tersedia untuk mencetak struk pembayaran menggunakan printer thermal yang terpasang di mesin kasir secara langsung, sehingga tidak perlu untuk mengisi tinta dalam melakukan pencetakan pembayaran.

3. Harga Yang Cukup Terjangkau

Harga mesin kasir casio SE S10 dibandrol dengan harga kisaran Rp. 2.400.000 dapat dibeli pada toko online maupun offline dengan fitur yang cukup lengkap.

4. Perawatan dan pengoperasian yang mudah

Mesin kasir casio SE S10 termasuk ke dalam mesin yang mudah dalam pengoperasiannya. Letak keyboard yang simpel dan panduan yang lengkap menjadi faktor mesin kasir casio SE S10 mudah dipakai. Selain itu, mesin kasir ini jarang terjadi gangguan dan error, dari segi perawatan mesin kasir casio SE S10 juga sangat mudah untuk dilakukan.

Panduan Pemakaian Mesin Kasir Casio SE S10

Pada saat pembelian mesin kasir casio SE S10 tersedia buku panduan untuk mempermudah pemakaian mesin kasir tersebut. Berikut adalah panduan dasar mengatur mesin kasir casio se s10 yang hampir sama dengan mengatur mesin kasir casio se s400. Ada 3 tahapan untuk mensetting mesin kasir casio SE S10, yaitu:

1. Sebelum Toko Buka

  • Pastikan mesin kasir menyala dan terhubung ke aliran listrik
  • Pastikan kertas struk cukup tersedia untuk mencetak transaksi
  • Mengatur hari dan tanggal yang tertera di mesin kasir agar sesuai dengan hari dan tanggal secara real time
  • Menyiapkan uang kembalian di cash drawer.

2. Ketika Toko Beroperasi

  • Putar mode mesin kasir ke REG (registration)
  • Menginputkan transaksi yang masuk dalam 1 hari
  • Melihat laporan transaksi terkini dengan mengubah ke mode X bila diperlukan.

3. Setelah Toko Tutup

  • Melihat laporan total penjualan dengan mengubah ke mode Z
  • Mengambil uang di kas laci
  • Mematikan mesin kasir ke mode OFF

Kendala Yang Sering Terjadi Mesin Kasir Casio SE S10

cara reset mesin kasir casio se s10

Sumber : endageism.com

Saat mesin kasir casio digunakan, terkadang ada gangguan dan error yang dapat mengganggu alur pekerjaan karyawan kasir. Mesin kasir casio SE S10 juga memiliki beberapa error yang dijelaskan didalam buku panduan serta cara mengatasi mesin kasir yang eror tersebut. Berikut adalah beberapa kendala yang terjadi pada saat mesin kasir casio SE S10.

  1. E01 muncul di layar, biasanya terjadi karena merubah mode tanpa menyelesaikan transaksi terlebih dahulu. Solusi yang dilakukan yaitu mengembalikan ke mode sebelumnya dan tekan CA/AMT TEND
  2. E08 muncul di layar, terjadi karena pengguna belum memasukkan PIN saat mesin kasir di gunakan. Sehingga bisa memasukkan kode PIN kasir kemudian tekan tombol CLK#
  3. E90 muncul di layar, biasanya terjadi karena total laporan penjualan masih tersimpan di memori. Solusinya bisa menghapus semua laporan penjualan harian, periodic, dan PLU.
  4. E81 muncul di layar, terjadi karena memori elektronik jurnal penuh, sehingga bisa me reset mesin kasir casio se s10, agar eror nya tidak muncul lagi
  5. E10 muncul karena kertas thermal habis atau penjepit kertas dalam posisi terbuka. Sehingga bisa memasang ulang kertas thermal dan memastikan penjepit kertas tertutup sempurna.
  6. Mesin kasir mati dan tidak bisa dioperasikan, biasanya karena baterainya habis dan tidak disambungkan ke aliran listrik. Sehingga bisa mengganti baterai nya dan menghubungkan ke aliran listrik.
  7. Tidak ada tanggal di struk pembayaran, terjadi karena mode pencetakan yang dipilih adalah mode jurnal, sehingga bisa merubah mode pencetakan ke mode cetak struk.
  8. Laporan penjualan tidak sesuai dengan omset atau transaksi riil, terjadi karena laporan transaksi hari sebelumnya terekap dengan transaksi hari ini dengan mode X, sehingga lakukan reset laporan penjualan di mode Z mesin kasir.
  9. L tampil di layar, menandakan baterai sudah habis, solusinya mengganti baterai baru dengan jenis baterai yang direkomendasikan pihak CASIO yaitu LR6 ukuran AA berjumlah 2 buah.

Cara Reset Mesin Kasir Casio SE S10

Ketika mesin kasir casio SE S10 error, ada beberapa error yang mengharuskan mesin kasir casio SE S10 di reset ulang. Berikut adalah cara reset mesin kasir casio SE S10.

  1. Langkah pertama putuskan arus listrik di mesin kasir casio SE S10 dan melepas bagian baterainya.
  2. Selanjutnya putar mode mesin kasir ke mode OFF
  3. Kemudian hubungkan mesin kasir ke arus listrik (tanpa menggunakan baterai)
  4. Setelah itu,putar mode kasir ke mode PGM dan akan ada kertas keluar dari printer thermal untuk pengaturan bahasa
  5. Pilih bahasa yang diinginkan. Misalnya bahasa inggris klik 0 pada keyboard kemudian tekan CA/AMT TEND
  6. Setelah berhasil mengatur bahasa, atur tanggal dan waktu di mesin kasir
  7. Setelah berhasil putar mode kasir ke mode RF
  8. Pasang baterai pada mesin kasir kembali dengan baterai yang sesuai spesifikasi mesin yaitu LR6 ukuran AA.
  9. Putar mode mesin kasir ke mode REG untuk penginputan transaksi.

Kesimpulan

Cara reset mesin kasir Casio SE S10 mudah untuk dilakukan, namun pengguna harus memahami resiko dari melakukan reset mesin kasirnya. Pastikan pemilik atau karyawan yang bertanggung jawab telah memiliki arsip data sebelumnya, karena reset mesin kasir Casio SE S10 akan menghilangkan seluruh data penjualan yang ada. Jika error masih terjadi pada mesin kasir anda, segera konsultasikan mesin kasir ke toko pembelian mesin kasir atau ke pihak casio untuk mendapatkan solusi atas permasalahan mesin kasir tersebut.

Tags

Leave a comment

Leave a comment


Related Articles

  • Barcode Scanner HP ke PC : Tutorial Lengkap!

    , by Kasanoa writer Barcode Scanner HP ke PC : Tutorial Lengkap!

    Read more 

  • Cara Membuat Barcode dan Jenis Barcode Terkait (Update 2024)

    , by Kasanoa writer Cara Membuat Barcode dan Jenis Barcode Terkait (Update 2024)

    Read more 

  • Panduan Mudah Cara Setting Barcode Scanner Symbol

    , by Kasanoa writer Panduan Mudah Cara Setting Barcode Scanner Symbol

    Read more 

Login

Forgot your password?

Don't have an account yet?
Create account